Ticker

6/recent/ticker-posts

Routing EIGRP



Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Semoga kita berada dalam keadaan sehat walafiat, sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah Tuhan semesta alam, karena dengan rahmatnya admin bisa berbagi sedikit ilmu di awal bulan, yatiu tanggal 05 Februari 2023. Shalawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Semoga bermanfaat bagi tutor kampung IT dan yang ingin terus mengembangkan pengetahuannya, khusunya dibidang dunia networking.

Kali ini Tutor Kampung ITnsa Banten akan berbagi pengetahuan tentang routing EIGRP. EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) merupakan hasil pengembangan dari routing ptotokol pendahulunya yaitu IGRP yang keduanya adalah routing pengembangan dari CISCO. Pengembangan itu dihasilkan oleh perubahan dan bermacam-macam tuntutan dalam jaringan Skala jaringan yang besar. EIGRP menggabungkan kemampuan dari Link-State Protokol dan Distance Vector Protokol, terlebih lagi EIGRP memuat beberapa protocol penting yang secara baik meningkatkan efisiensi penggunaannya ke routing protocol lain. Cara kerja EIGRP : EIGRP sering disebut juga Hybrid-Distance-Vector Routing Protocol, karena cara kerjanya menggunkan dua tipe routing protocol,yaitu Distance vector protocol dan Link-State protocol, Dalam pengertian bahwa routing EIGRP sebenarnya merupakan distance vector protocol tetapi prinsip kerjanya menggunakan links-states protocol.sehingga EIGRP disebuat sebagai hybrid-distance-vector,mengapa dikatakan demikian karena prinsip kerjanya sama dengan links-states protocol yaitu mengirimkan semacam hello packet.

Untuk lebih jelasnya lihat topologi berikut:



1. R1 Router(config)#ho R1 R1(config)#router eigrp 2023 R1(config-router)#no auto-summary R1(config-router)#network 10.1.1.0 0.0.0.3 R1(config-router)#network 192.168.10.0 R1(config-router)#ex   R1(config)#

2. R2 Router(config)#ho R2 R2(config)#router eigrp 2023 R2(config-router)#no auto-summary R2(config-router)#network 10.1.1.0 0.0.0.3 R2(config-router)#network 192.168.20.0 R2(config-router)#ex   R2(config)#

3. Pengujian routing EIGRP cek dulu di R1 atau R2 apakah routing EIGRP sudah berjalan R1(config)#do sh ip ro              [menampilkan seluruh konfigurasi routing]

Kemudan bisa langsung uji konenksi / ping dari PC-1 ke PC-2 atau sebaliknya, apakah TTL. Pengujian juga dapat dilakukan dengan simpel PDU dari PC-1 ke PC-2, pastikan sukses.

4. Keterangan Untuk network bisa menggunakan wilcard mask untun menentukan network yang diinginkan Contoh kasuh, network 10.1.1.0 tanpa wilcard mask akan diidentifikasi oleh router sebagai kelas A, ketika kita lihat konfignya maka dikenali network 10.0.0.0 lain halnya dengan diberikan wilcard mask 10.1.1.0 0.0.0.3 maka akan dikenali network tersebut prefik 30. Untuk kasus netwok 192.168.10.0 tanpa wilcard mask, maka network tersebut tetap dikenali sebgai network kelas C oleh Router.

Nah, bagaimana sobat itnsa, semoga apa yang saya share bisa bermanfaat dan salah satu bahan referensi untuk menyelesaikan soal-soal ITNSA.

Terus dukung channel Tutor Kampung IT dengan cara subscribe, like, share dan koment ya. Bagi Anda yang minat untuk belajar ITNSA lebih mendalam, bisa Chat Via WA. Terimakasih.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar