Ticker

6/recent/ticker-posts

PPP AUTH CHAP

 

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Semoga kita berada dalam keadaan sehat walafiat, sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah Tuhan semesta alam, karena dengan rahmatnya admin bisa berbagi sedikit ilmu di awal bulan, yatiu tanggal 05 Februari 2023. Shalawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Semoga bermanfaat bagi tutor kampung IT dan yang ingin terus mengembangkan pengetahuannya, khusunya dibidang dunia networking.

Kali ini Tutor Kampung ITnsa Banten akan berbagi pengetahuan tengan PPP Auth Chap. PPP adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link (layer 2) dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. Selain itu, protokol ini juga mendukung banyak protokol-protokol jaringan secara simultan. PPP ini memiliki 2 tipe autentikasi,yang pertama ada autentikasi CHAP dan ada autentikasi PAP. a. Password Authentication Protocol (PAP), yaitu prosedur otentifikasi dengan dua langkah yaitu User yang ingin mengakses sistem mengirimkan otentifikasi identitas biasanya user dan password. Sistem mengecek validitas identifikasi dan password dengan cara menerima atau menolak koneksi. b. Challenge Handshake Authentication (CHAP). adalah protokol otentifikasi three-way-handshaking yang memberikan keamanan yang lebih tinggi dari PAP. Dalam metode ini password akan disimpan secara aman dan tidak pernah dikirimkan secara online.

Untuk lebih jelasnya lihat topologi berikut:


1. R1 Router(config)#ho R1 R1(config)#username R2 password tkj R1(config)#in se0/3/0 R1(config-if)#no shutdown R1(config-if)#ip add 10.1.1.1 255.255.255.0 R1(config-if)#encapsulation ppp R1(config-if)#ppp auth chap R1(config-if)#ex R1(config)#do wr R1(config)#

2. R2 Router(config)#ho R2 R1(config)#username R1 password tkj R1(config)#in se0/3/0 R1(config-if)#no shutdown R1(config-if)#ip add 10.1.1.2 255.255.255.0 R1(config-if)#encapsulation ppp R1(config-if)#ppp auth chap R1(config-if)#ex R1(config)#do wr R1(config)#

3. Pengujian Tunggu beberapa saat sampai di kedua router status state-up atau bisa tekan fast forwad time.

Tes koneksi dari router R1 R1(config)#do ping 10.1.1.2    Tes koneksi dari router R2 R2(config)#do ping 10.1.1.1  Nah, bagaimana sobat itnsa, semoga apa yang saya share bisa bermanfaat dan salah satu bahan referensi untuk menyelesaikan soal-soal ITNSA.

Terus dukung channel Tutor Kampung IT dengan cara subscribe, like, share dan koment ya. Bagi Anda yang minat untuk belajar ITNSA lebih mendalam, bisa Chat Via WA. Terimakasih.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar