Ticker

6/recent/ticker-posts

Otomatisasi dengan Batch Script di Windows



Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Semoga kita berada dalam keadaan sehat walafiat, sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah Tuhan semesta alam, karena dengan rahmatnya admin bisa berbagi sedikit ilmu di awal bulan, yaitu tanggal 09 Maret 2023. Shalawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Semoga bermanfaat bagi tutor kampung IT dan yang ingin terus mengembangkan pengetahuannya, khusunya dibidang dunia networking.

Kali ini Tutor Kampung ITnsa Banten akan berbagi pengetahuan otomatisasi pembuatan folder dan file html pada windows menggunakan batch script / cmd. Pembuatan script ini digunakan untuk membantu mempermudah dalam pembuatan file yang sederhana namun berulang-ulang yang apabila dilakukan secara manual akan memakan bayak waktu. Langsung ke TKP ya, disarantan file ini dibuat didalam folder, agar nantinya jika ada kendala atau kesalahan Anda langsung menghapusnya. Kali ini saya buat file berada pada path C:\Latihan. Kita membuatnya menggunakan notepad dan simpan dengan ekstensi *.bat dan save as type: All Files File tes1.bat --------------------------ISI FILE--------------------------- @echo off for /L %%i in (1 1 25) do ( md %%i echo "<h1>Welcome to web user%%i</h1>" > %%i\user.html ) pause>null File tes2.bat --------------------------ISI FILE--------------------------- @echo off for /L %%i in (1 1 25) do ( if %%i LSS 10 ( md 0%%i echo "<h1>Welcome to web user0%%i</h1>" > 0%%i\user.html ) else ( md %%i echo "<h1>Welcome to web user%%i</h1>" > %%i\user.html ) ) pause>null Jalankan ke dua file tersebut satu persatu, bandingkan hasilnya dengan memberi komentar pada blog ini. Terimakasih.

Nah, bagaimana sobat itnsa, semoga apa yang saya share bisa bermanfaat dan salah satu bahan referensi untuk menyelesaikan soal-soal ITNSA.

Terus dukung channel Tutor Kampung IT dengan cara subscribe, like, share dan koment ya. Bagi Anda yang minat untuk belajar ITNSA lebih mendalam, bisa Chat Via WA. Terimakasih.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar