Ticker

6/recent/ticker-posts

HTTP Header Apache2 dan Nginx

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Semoga kita berada dalam keadaan sehat walafiat, sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah Tuhan semesta alam, karena dengan rahmatnya admin bisa berbagi sedikit ilmu di akhir bulan, yaitu tanggal 30 Maret 2023. Shalawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Semoga bermanfaat bagi tutor kampung IT dan yang ingin terus mengembangkan pengetahuannya, khusunya dibidang dunia networking.

Kali ini Tutor Kampung ITnsa Banten akan berbagi pengetahuan dengan file server, yaitu NFS (Nettwork File System) Server.Header HTTP merupakan nilai attribut berbasis teks yang ditetapkan oleh client dan server untuk melakukan kirim-terima data melalui mekanisme request dan response. Secara umum standar header HTTP 1.1 memiliki informasi mengenai teknik enkripsi yang digunakan pada konten, caching times-to-live, serta arah tujuan website. Paket HTTP dikirimkan melalui jaringan yang memungkinkan untuk di eksploitasi oleh pihak tidak berwenang, khususnya pada jaringan yang tidak terenkripsi, oleh karena itu perlu adanya implementasi teknik keamanan pada paket tersebut.



Berdasarkan hasil kegiatan Information Technology Security Assessment (ITSA) pada instansi pemerintah pusat maupun daerah tahun 2018 sampai dengan bulan Juli tahun 2019, terdapat 148 (seratus empat puluh delapan) aplikasi yang telah diperiksa keamanan header HTTP nya, dimana hanya 123 (seratus dua puluh tiga) aplikasi yang menampilkan hasil pemeririksaan, adapaun 14 (empat belas) aplikasi mengalami server down, 10 (sepuluh aplikasi) menerapakan setting WAF atau IPS yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pemeriksaan dan 1 (satu) aplikasi localhost.

Untuk lebih jelasnya langsung ke konfigurasinya: Konfigurasi HTTP Header pada Apache2 1. Aktifkan module header #a2enmod headers 2. Konfigurasi header pada virtual host #nano /etc/apache2/sites-available/banten.conf <VirtualHost *:80>             ServerName        www.banten.org             ServerAlias         banten.org             DocumentRoot    /var/www/banten             Header set X-Powered-By "Ahmad Yani, S.Kom."  </VirtualHost>


   Contoh kasus, lihat gambar:
Buat variabel hostname nya terbelih dahulu #nano /etc/apache2/envvars --------------------- tambahkan ----------- export HOSTNAME=$(hostname)

Baru variabel tersebut masukan ke virtualhostnya ... #nano /etc/apache2/sites-available/banten.conf

<VirtualHost *:80>             ServerName        www.banten.org             ServerAlias         banten.org             DocumentRoot    /var/www/banten             Header set X-Servered-By ${HOSTNAME}  </VirtualHost>

3. Aktifan virtual host banten.conf dan restart apache2 dan tes dengan curl #a2ensite banten.conf #service apache2 restart #curl -I www.banten.org (curl -i besar bukan L kecil)

Konfigurasi HTTP Header pada Nginx 1. Buat virtual hostnya #nano /etc/nginx/sites-available/banten.conf     server {         listen    80;         server    www.banten.org         root        /var/www/banten         index     index.html         add_header X-Servered-By "Ahmad Yani, S.Kom."     } 2. Aktifkan virtual hostnya, restart dan coba menggunakan curl #ln /etc/nginx/sites-avaialble/banten.conf /etc/nginx/sites-enable/ #service nginx restart #curl -I www.banten.org

Nah, bagaimana sobat itnsa, semoga apa yang saya share bisa bermanfaat dan salah satu bahan referensi untuk menyelesaikan soal-soal ITNSA.

Terus dukung channel Tutor Kampung IT dengan cara subscribe, like, share dan koment ya. Bagi Anda yang minat untuk belajar ITNSA lebih mendalam, bisa Chat Via WA. Terimakasih.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar