Ticker

6/recent/ticker-posts

Sharing dengan Samba Server

 Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Semoga kita berada dalam keadaan sehat walafiat, sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah Tuhan semesta alam, karena dengan rahmatnya admin bisa berbagi sedikit ilmu di akhir bulan, yaitu tanggal 31 Maret 2023. Shalawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Semoga bermanfaat bagi tutor kampung IT dan yang ingin terus mengembangkan pengetahuannya, khusunya dibidang dunia networking.

Kali ini Tutor Kampung ITnsa Banten akan berbagi pengetahuan tentang file server, yaitu Samba Server. Samba Server merupakan sebuah protokol yang dikembangkan di Sistem Operasi Linux untuk melayani permintaan pertukaran data antara mesin Ms. Windows dan Linux. Disamping untuk melayani file sharing antara Windows dan Linux, Samba juga merupakan salah satu protokol yang digunakan di Sistem Operasi Linux untuk melayani pemakaian data secara bersama-sama.


Untuk lebih jelasnya langsung ke konfigurasinya: Install samba servernya terlebih dahulu [ip server misalnya 192.168.1.1/24 dan client 192.168.1.2/24] #apt -y install samba

Konfigurasi sharing dengan user anynomouse read only [user hanya bisa download] 1. Buat direktori untuk sharing dan beri hak akses #mkdir /data #mkdir /data/share1 #chmod -R 770 /data/sahre1 2. Konfigurasi file smb.conf #nano /etc/samba/smb.conf ----------- dikonfig paling bawah yah -------------- [sharing-1] path = /data/share1 browseable = yes read only = yes guest ok = yes Konfigurasi sharing dengan user anynomouse writable [user bisa download dan upload] 1. Buat direktori untuk sharing dan beri hak akses #mkdir /data #mkdir /data/share2 #chamod -R 770 /data/share2 2. Konfigurasi file smb.conf #nano /etc/samba/smb.conf ----------- dikonfig paling bawah yah -------------- [sharing-2] path = /data/share2 browseable = yes writable = yes guest ok = yes Konfigurasi sharing dengan user anynomouse writable [user bisa download dan upload] 1. Buat direktori untuk sharing dan beri hak akses #mkdir /data #mkdir /data/share3 #chamod -R 770 /data/share3 2. Konfigurasi file smb.conf #nano /etc/samba/smb.conf ----------- dikonfig paling bawah yah -------------- [sharing-3] path = /data/share3 browseable = yes writable = yes valid users = encus, ulahex, fahri            [encus, ulahex, fahri adalah nama user yang harus dibuat] #useradd encus #smbpaswd -a encus            [ulangi untuk user ulahex dan fahri] Konfigurasi Samba Client #apt -y install smbclient cifs-utils 1. Melihat sharing #smbclient -L //192.168.1.1 2. Melihat direktori yang di sharing misal share1 [non valid user] #smbclient //192.16.1.1/share1 smb:>ls smb:>quit 3. Melihat direktori yang di sharing misal share3 [valid user] #smbclient //192.168.1.1/share3 -U encus [masukan password nya] smb:>ls smb:>quit 4. Mount samba dengan cifs-utils #mkdir /home/mount #mount -t cifs //192.168.1.1/public /home/mount 5. Mount samba secara permanent [berjalan otomatis setelah direstart] #mkdir /home/mount #nano /etc/fstab //192.168.1.1/public     /home/mount    cifs    username=root,passwrod=paswornya_apa

Nah, bagaimana sobat itnsa, semoga apa yang saya share bisa bermanfaat dan salah satu bahan referensi untuk menyelesaikan soal-soal ITNSA.

Terus dukung channel Tutor Kampung IT dengan cara subscribe, like, share dan koment ya. Bagi Anda yang minat untuk belajar ITNSA lebih mendalam, bisa Chat Via WA. Terimakasih.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar