Ticker

6/recent/ticker-posts

Menambah Lisensi Untuk Keperluan IP Security, VoIP dll


 Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Semoga kita berada dalam keadaan sehat walafiat, sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah Tuhan semesta alam, karena dengan rahmatnya admin bisa berbagi sedikit ilmu di awal bulan, yaitu tanggal 05 Desember 2023. Shalawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Semoga bermanfaat bagi tutor kampung IT dan yang ingin terus mengembangkan pengetahuannya, khusunya dibidang dunia networking.

Kali ini Tutor Kampung ITnsa Banten akan berbagi pengetahuan tentang menambahkan lisensi. Mengaktifkan modul lisensi ini sangat penting jika diperlukan beberapa hal untuk mengkonfigurasi seperti IP Security atau telephone service atau voip. Misalkan kita mengkonfigurasi VoIP pada router 2811, dengan mengaktifkan lisensi kita bisa menggunakan router 2091 (tambahkan 1 router 2091 atau laiinya) atau router lainnya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut sebelum menambahkan lisensi: Router#show run Router(config)#do sh run


Atau kita bisa cek dengan perintah: Router#show license all | detail | feature | udi

Mari kita update lisensi nya dengan perintah berikut: Router(config)#license boot module c2900 technology-package securityk9 Router(config)#license boot module c2900 technology-package uck9 Jika, ada konfirmasi, jawab atau ketikan yes, kemudian simpan dan restart Router(config)#do wr Router(config)#do rel Kemduian kita cek lagi lisensinya: Router(config)#do sh run


Sudah terlihat ada 3 lisensi sekarang, berarti penambahan modul lisensi sudah berhasil. Sekarang tinggal uji coba router tersebut (2901) menjadi server voip dengan perintah Router(config)#telephony-service Silahkan hasilnya tulis di komentar ya.

Nah, bagaimana sobat itnsa, semoga apa yang saya share bisa bermanfaat dan salah satu bahan referensi untuk menyelesaikan soal-soal ITNSA.

Terus dukung channel Tutor Kampung IT dengan cara subscribe, like, share dan koment ya. Bagi Anda yang minat untuk belajar ITNSA lebih mendalam, bisa Chat Via WA. Terimakasih.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar