Ticker

6/recent/ticker-posts

SSH Version 2 Cisco Packet Tracer

 


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Semoga kita berada dalam keadaan sehat walafiat, sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Segala puji syukur kita panjatkan kepada Allah Tuhan semesta alam, karena dengan rahmatnya penulis bisa berbagi sedikit ilmu di akhir bulan Oktober, yaitu tanggal 30 Oktober 2023. Shalawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. Semoga bermanfaat bagi tutor kampung IT dan yang ingin terus mengembangkan pengetahuannya, khusunya dibidang dunia networking.

Kali ini Tutor Kampung ITnsa Banten akan berbagi pengetahuan tentang SSH. SSH merupakan sebuah protokol administrasi remote yang memperbolehkan pengguna untuk mengakses dan mengontrol server mereka dalam jaringan secara aman. Mulai dari menjalankan sebuah program, membuat folder, menghapus file, membuat file, transfer file, hingga menjalankan atau menghentikan sebuah services. Singkatnya, SSH memungkinkan pengguna untuk mengelola servernya dengan leluasa meskipun dari jarak jauh.

Berbeda dengan Telnet, SSH menggunakan teknik kriptografi untuk memastikan semua komunikasi yang masuk dan keluar dari server remote terenkripsi dengan beberapa teknologi seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing. Bahkan di dalamnya juga tersedia mekanisme untuk mengautentikasi pengguna, mentransfer input dari client ke host, dan mengirimkan hasilnya (output) kembali ke klien. Singkatnya, baik Telnet maupun SSH, keduanya merupakan protokol eksekusi jarak jauh. Hanya saja, SSH menggunakan enkripsi dan Telnet tidak menggunakan enkripsi. Ini sebabnya, SSH dapat menjadi alternatif yang lebih aman dibandingkan Telnet.

SSH Versi 2 pada cisco packet tracer mendukung metode otentikasi keyboard-interaktif dan berbasis kata sandi. Fitur Peningkatan SSH Versi 2 untuk Kunci RSA juga mendukung otentikasi kunci publik berbasis RSA untuk klien dan server. Untuk lebih jelasnya lihat topologi berikut:


Baik, kita sekarang ke konfigurasinya:

RTR-SRV:
IP Address

Router>en
Router#conf t
Router(config)#in g0/0 no sh
Router(config)#ip add 192.168.0.1 255.255.255.0

PASTIKAN HOSTNAME DAN IP DOMAINNYA DI SET SESUAI TOPOLOGI

Router(config)#ho RTR-SRV
RTR-SRV(config)#ip domain-name kerajaan.id

BUAT USERNAME DAN PASSWORD (MIN 9) DAN DIENCRIPTION

RTR-SRV(config)#security password min-length 9
RTR-SRV(config)#enable password indonesia
RTR-SRV(config)#username kerajaan privilege 15 password indonesia
RTR-SRV(config)#service password-encription

SET MODULUS (SSH v2 MINIMUN 768)
RTR-SRV(config)#crypto key generate rsa
How many bits in the modulus [512] : 768

AKTIFKAN SSHv2

RTR-SRV(config)#ip ssh version 2

SET UP LINE VTY
RTR-SRV(config)#line vty 0 4
RTR-SRV(config-line)#transport input ssh
RTR-SRV(config-line)#login local
RTR-SRV(config)#exit

VERIFIKASI
RTR-SRV(config)#do sh ip ssh

UJI DARI ROUTER (UNTUK IP OPTIONAL, TERGANTUNG KITA MENGKONFIGURASINYA)
MASUK DULU KE MODE PRIVILEGE

RTR-SRV#ssh -l kerajaan 192.168.0.1

MENGUJI DARI PC-Remote
Buka Command Prompt => PC-Remote -> Dekstop -> Command Prompt
C:\>ssh -l kerajaan 192.168.0.1

Nah, bagaimana sobat itnsa, semoga apa yang saya share bisa bermanfaat dan salah satu bahan referensi untuk menyelesaikan soal-soal ITNSA.

Terus dukung channel Tutor Kampung IT dengan cara subscribe, like, share dan koment ya. Bagi Anda yang minat untuk belajar ITNSA lebih mendalam, bisa Chat Via WA. Terimakasih.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar