Ticker

6/recent/ticker-posts

Struktur IF THEN Pada Pascal

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Halo sobat nettworker, bloger dan sahabat-sahabat lainnya. Semoga langkah kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mendapatkan lindungan dan ridha dari Allah SWT. Amin. Pada artikel kali ini, mimin membahas seditik tentang struktur percabangan, yaitu IF - THEN.

Ya, pasti semua programer pemula ataupun yang sudah expert, pasti menemukan kondisi percabangan, yaitu dimana suatu kondisi terpenuhi, maka jalankan aksi yang dibuat atau diinginkan. Jika tida jalankan kondisi lain.

Contoh kasus: kita ingin mencari bilangan genap, dimana jika bilangan mod 2 = 0 maka tampilkan bilangan genap.

Konsep dasar struktur IF THEN dalam pascal adalah sebagai berikut
IF (kondisi) THEN
             (kode program);

atau

IF (kondisi) THEN
     begin
             (blok kode program);
     end;

Kondisi berperan sebagai penentu dari stuktur percabangan ini. Jika kondisi terpenuhi (menghasilkan nilai TRUE), kode program akan dijalankan. Jika kondisi tidak terpenuhi (menghasilkan nilai FALSE), tidak terjadi apa-apa. Kondisi biasanya terdiri dari operasi perbandingan, misalnya apakah variabel a berisi angka 10, atau variabel password berisi string ‘rahasia’.

Bagian yang ditandai dengan begin dan end; merupakan “blok” kode program yang akan dijalankan seandainya kondisi bernilai TRUE. Setelah itu, Pascal akan lanjut mengeksekusi kode program dibawahnya.

Yuk, langsung ke pembuatan programnya, Contoh kasus mencari bilangan genap.

Simpan dengan nama bilangan-genap.pas, kalau sudah selesai lakukan Compile (ALT+F9) periksa apakah masih ada error? Jika tidak, jalankan program (RUN = CTRL+F9). Coba nilai angka rubah menjadi 7 atau 5, atau dengan angka ganjil, compile dan jalankan lagi programnya! silahkan amati dan periksa hasilnya.

Coba program perbandingan angka berikut:

Simpan dengan nama perbandingan-angka.pas, kalau sudah selesai lakukan Compile (ALT+F9) periksa apakah masih ada error? Jika tidak, jalankan program (RUN = CTRL+F9). Coba nilai angka rubah menjadi 4 atau 3, atau dengan angka yang lebih kecil dari 5, compile dan jalankan lagi programnya! silahkan amati dan periksa hasilnya.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar