Ticker

6/recent/ticker-posts

Algoritma dan Pemrograman


Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai sobat networker dan programer, Kali ini admin akan membahsa jantung dari suatu pemrograman komputer, atau juga dasar dari mencari dan menerapkan beberapa prosedur seperti menjadi seorang teknisi koputer/hp/elektronik, seorang dokter yang memeriksa pasien, seorang montir yang memeriksa kendaraan, seorang calon siswa baru yang hendak masuk ke sekolah, seorang pasien yang datang ke puskesmas/rumah sakit sampai menebus obat, dll. Dimanapun kita berada disitu algorima juga diperlukan, terutama ke hal-hal yang memerlukan penalaran yang logis, dan oleh sebab itu algoritma disebut sebagai jantungnya komputer.

Algoritma ditemukan oleh seorang ilmuan timur tengah jaman peradaban islam bernama Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi (780-850 masehi) dan kata Algoritma (inggris: Algorithm) menurut sebagian ilmuan belakangan diambil dari namanya yakni Al-Khwarizmi . Dintinjau dari bahasa, Algoritma berasal dari kata algorism yang artinya perhitungan dalam angka arab namun para ahli sejarah kesulitan menemukan asal-usul istilah ini sampai akhirnya mereka menemukan bahwa Algorithm/Algoritma berasal dari nama penemunya seperti disebutkan diatas. Al-Khwarizmi Juga dikenal sebagai penemu Aljabar atau Algebra dan juga beliau ini adalah seorang ahli Astronomi dimasanya.

Algoritma secara singkat dapat didefinisikan sebagai Langkah-langkah Sistematis dan Logis dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan konsep Algoritma maka suatu permasalahan harus diselesaikan secara Sistematis, Logis dan bisa diuji benar atau salahnya.

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.

Beda algoritma dan program
Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa disebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Beberapa pakar memberi formula bahwa :
Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)

Stuktur  Penulisan Algoritma
1. Judul
2. Deklarasi
3. Deskripsi / Badan Program / Algoritma

Penyajian/Penulisan Algortitma
1. Deskristif / Bahasa Manusia
Algoritma bertipe Deskriptif maksudnya adalah algoritma yang ditulis dengan bahasa manusia sehari-hari (misalnya Bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, Sunda dll.). Setiap Langkahnya ditulis dalam satu kalimat atau lebih. Tidak ada aturan untuk penulisan algoritma bertipe Deskriptif ini. Semua kalimat ditulis dengan sistematis, jelas, terbatas dan berurutan.

Contoh:
Algoritma menghitung_luas_segitiga
Deklarasi:
     Alas, Tinggi = bilangan_bulat
     Luas = bilangan_desimal
Deskripsi:
1. Masukan nila Alas
2. Masukan nilai Tinggi
3. Hitung Luas dengan rumus Luas = (Alas * Tinggi) / 2
4. Tampilkan Luas
5. Selesai

2. Mirip Basaha Pemrograman / Semu (pseudocode)
Algoritma bertipe Pseudocode maksudnya adalah tiruan atau imitasi dari kode bahasa pemograman. Pada dasarnya, pseudocode merupakan suatu bahasa yang memungkinkan programer untuk berfikir terhadap permasalahan yang harus dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax dari bahasa pemograman yang tertentu. Jadi pseudocode digunakan untuk menganmbarkan logika urut-urutan dari perogram tanpa memandang bagaimana bahasa pemorogramannya.

Contoh :

Algoritma menghitung_luas_segitiga
deklarasi:
     alas,tinggi : integer
     luas : float

deskripsi:
         read (alas)
         read (tinggi)
         luas ← (alas * tinggi) / 2
         write (luas)
end.

3. Bagan Alir (flowchart)
Algoritma bertipe Flowchart adalah algoritma yang ditulis dalam bentuk diagram-diagram dengan anak panah sebagai penunjuk urutan langkah algoritmanya. Didalam Diagram terdapat Simbol-simbol yang mempunyai makna atau arti tersendiri.

Tabel simbol-simbol flowchart:

Contoh:
Flowchart mengitung_luas_segitiga


Bagaimana sobat networker dan programer sedikit tentang penjelasan algoritma. Bagaimana? Apakah perlu serorang admin jaringan mempelajari algoritma? Tentu saja perlu, algoritma kan jantungnya komputer.

Sumber:
1. http://belajaralprog.blogspot.com/2011/12/notasi-algoritma-algoritmik-atau.html
2. http://teknosains.com/sains-teknologi/algoritma-dan-pemrograman-itu-apa-sih
Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar