Ticker

6/recent/ticker-posts

Konfigurasi Routing Minimal

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarakatuh,

Halo sobat nettwork dan sobat-sobat lainnya yang dirahmati oleh Allah SWT. Amiin, dan semoga langkah kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari diridhoi oleh Allah SWT. Amiin. Baik langsung ke tema kita kali ini, sedikit membahas tentang routing minimal.

Routing itu sendiri adalah sebuah metode atau cara mengirimkan paket data dari sumber (source) ke penerima (destination) dalam suatu jaringan atau nettwork. Ruting itu sendiri secara pengiriman paket data nya dibedakan menjadi routing langsung dan routing tidak langsung. Sedangkan menurut konfigurasinya routing dibedakan menjadi 3, yaitu routing minimal, routing static dan routing dynamic.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan memahas routing minimal yang langsung diimplementasikan dengan aplikasi Cisco Packet Tracer (7.1.0 opsional kalau masalah versi tidak menjadi hambatan :)).

Routing minimal itu sendiri merupakan informasi minimum yang harus ada bagi host yang terhubung pada atau dalam suatu jaringan/nettwork. Minimum routing terbentuk pada saat konfigurasi IP pada interface nya, masih bingung kan? yu mari kita langsung implementasikan pada Cisco Packet Tracer.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah buka aplikasinya terlebih dahulu dan buat topologinya seperti gamabar berkut:


Buat hanya 2 PC, 1 Router dan 2 Kabel Crossover, untuk pengalamatanya pada PC dan Router tidak perlu Anda buat,, hee.. untuk backgrounya juga sama tidak usah dibuat, itu hanya untuk memperjelas saja ada 2 network yang berbeda. Katakan yang warna hijau untuk Network A dan warna ungu untuk Network B.

Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi IP Address pada PC-Net. A sesuai pada topologinya, dengan cara klik pada PC-Net. A kemudian pilih Tab Dekstop dan klik IP Configuration. Untuk lebih Jelasnya lihat dan isikan sesuai gambar dibawah ini:


Ulangi langkah diatas untuk PC-Net. B, dan isi sesuaikan dengan gambar dibawah ini:



Sekarang kita konfigurasi Router dengan cara klik Router kemudian pilih dan klik Config kemudian pada bagian INTERFACE pilih dan klik GigabitEthernet0/0 kemduain ceklis port status (on) dan isikan IP dan Subnet masknya sesuai dengan gambar dibawah:


Masih pada bagian INTERFACE sekarang pilih dan klik GigabitEthernet0/1 kemudian ceklis port status (on) dan isikan IP dan Subnet masknya sesuai dengan gambar dibawah ini:


Nah, konfigurasi routing minimal sudah selesai, lihat kabel crossnya sudah menjadi warna biru kan?Sekarang tinggal lihat hasil konfigurasi tadi dengan tool Inspect (I) icon-nya adalah kaca pembesar atau tekan huruf i pada keyboard kemudian klik pada Router lalu pilih dan klik Routing Table dan hasilya seperti berikut:


Selanjutnya adalah kita tinggal menguji hasil dari konfigurasi routing minimal tadi dengan mengiri pesan dari PC-Net. A ke PC-Net. B atau sebaliknya menggunakan Add simple PDU (P) atau dengan menekan huruf p pada keyboard selanjutnya kita klik PC-Net. A kemudian PC-Net. B lihat hasilnya pada Bottom Toolbar pada pojok kanan bawah seperti gambar berikut :


Jika suadah sama seperti gambar diatas, maka proses dan pengujian routing minimal sudah berhasil, jika gagal coba kirim pesan kembali dari PC-Net. A ke PC-Net. B atau dengan mengklik tombol fire... jika masih salah cek konfigurasi IP nya apakah sudah sesuai dengan topologinya ataukah belum? 

Selamat mencoba dan sukses selalu.. salam subnetting !!!  

Dapatkan filenya di sini 
Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar