Ticker

6/recent/ticker-posts

Konfigurasi IP Forwading



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Semoga langkah kita dalam menjalankan sehari-hari mendapat lindungan dan ridha dari Allah SWT. Amiin.

Sobat networker, apakah Anda tahu apa pernah mendengar apa itu IP Forward? Yup, IP Forward merupakan metode meneruskan paket dari network yang satu ke network yang lainnya. Biasa IP forward berkerja pada router.

Contoh sederhanya nya adalah ketika pc/laptop atau hanphone anda terhubung internet melalui WiFi modem indihome Anda. Nah pc/laptop anda supaya bisa terhubung ke internet itu router sebagai jembatan antara jaringan lokal dan jaringan internet melakukan forwading. Prosesnya itu yang disebut dengan IP Forwading.

Disini kita membahsan konfigurasi IP Forwading pada linux debian, yang sering muncul pada soal-soal LKS baik itu tingkat kabupaten, provinis, nasional bahkan ke tingkat internasional. Baik lansung saja ke tkp.

Pertama kita cek terlebih dahulu apakah ip forwading sudah aktif apa belum:

#sysctl -p

Jika hasilnya 0 maka IP forwad masih belum aktif, disini kita harus mengaktifkanya terlebih dahulu dengan mengedit file sysctl.conf

#nano /etc/sysctl.conf

Kemudian uncommet (hilangkakan tanda pagar (#)) pada bagian :

#net.ipv4.ip_forward=1

Menjadi:

net.ipv4.ip_forward=1

Kemudian kita simpan dan cek kembali ip forwardnya dengan perintah #sysctl -p dan lihat hasilya apakah masih 0 atau sudah menjadi 1. Jika sudah berganti 1, maka konfigurasi IP Forward sudah berhasil. Untuk lebih afdol restart hostnya dengan perintah #reboot

Bagaimana? Sekarang sudah paham tentang ip forward? Jangan lupa dicoba ya supaya tambah nerap ilmunya. Kalau anda masih bingung silahkan kunjungi tutorial kami. Dan jangan lupa terus dukung channel kami dengan cara like, commnet, share dan subscribe. Terimakasih.

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar